JPNN.com

Durian Bisa Menyebabkan Keguguran?

Rabu, 28 Agustus 2019 – 12:07 WIB Durian Bisa Menyebabkan Keguguran? - JPNN.com

jpnn.com - Ada banyak mitos dan fakta mengenai kehamilan yang beredar di tengah masyarakat. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui dengan pasti mana yang mitos dan mana yang fakta. Salah satunya adalah mengenai konsumsi buah durian pada masa kehamilan yang disebut dapat menyebabkan keguguran. Apakah itu memang fakta? 

Durian merupakan salah satu buah khas dari negara-negara tropis, termasuk Indonesia. Sebagian besar penduduk Indonesia pun tergila-gila dengan durian, meski sebagian lagi sangat tidak menyukainya. Bagi yang menyukainya, tidak memakan buah durian selama 9 bulan saat hamil merupakan ujian berat.

Kandungan nutrisi buah durian
Durian bukanlah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi durian dapat menyebabkan keguguran.

Anda tidak dianjurkan mengonsumsi durian selama masa kehamilan karena buah tersebut mengandung kadar gula dan karbohidrat yang sangat tinggi. Hanya lima butir durian (bukan lima buah durian) mengandung sekitar 160 kalori. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari 330 ml minuman bersoda.

Selain kalori dan gula, durian juga merupakan salah satu buah yang dapat mengandung senyawa alkohol jika sudah sangat matang. Itulah sebabnya, jika Anda memakan durian yang sudah terlalu matang, Anda dapat merasakan sedikit rasa pahit dan bau alkohol. 

Mengapa durian tidak baik Anda konsumsi selama masa kehamilan?

Kandungan gula dan kalori yang tinggi dalam durian tersebut dapat mencetuskan diabetes selama masa kehamilan. Sementara kandungan senyawa alkohol yang terdapat pada durian yang sangat matang, tentu akan akan sangat berbahaya bagi janin di dalam kandungan Anda.

Akan tetapi, ada kondisi yang bisa jadi pengecualiaan. Pada ibu hamil dengan ukuran janin yang terlalu kecil, mengonsumsi durian boleh dilakukan untuk menambah berat badan janin. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...