Durian Lokal Indonesia Siap Bersaing di Dunia

Durian Lokal Indonesia Siap Bersaing di Dunia
Dirjen Hortikultura Suwandi. Foto: Humas Kementan for JPNN.com

jpnn.com, SANGGAU - Musim durian lokal sedang melanda Kalimantan Barat. Hampir seluruh daerah penghasil durian di provinsi tersebut sedang panen.

Buah durian pun memenuhi pasar tradisional dan emperan jalan di berbagai kota di Kalbar, sehingga dilakukan kontes durian lokal unggulan di Sanggau.

"Saya apresiasi Provinsi Kalbar dan Kabupaten Sanggau menyelenggarakan kontes durian lokal ini, agar dilakukan kontes, pameran, ekspo dan promosi yang sama oleh kabupaten dan provinsi lain" ujar Suwandi Direktur Jenderal Hortikultura saat menghadiri kontes durian lokal di Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kalimantan Barat (27/7).

Suwandi mengatakan dari sisi produksi, Kementan terus mengembangkan kawasan hortikultura seperti durian, jeruk, cabai, bawang dan lainnya.

"Membangun aspek hulu hingga hilir, sistem perbenihan hingga pasca panen dan pengolahan, juga termasuk kemitraan pelaku usaha dengan petani, sehingga keduanya saling menguntungkan. Ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk membangun kawasan pertanian dan mensejahterakan petani," sambung Suwandi.

Pada sisi demand, dia mengatakan terus mendorong konsumsi pangan lokal. Suwandi berharap durian lokal ini agar hadir di meja makan, di restoran-restoran, di pasar dan bahkan harus mampu diekspor.

"Rasanya super enak. Cintai produk petani, sayangi produksi dalam negeri," tambah Suswandi.

Acara Kontes Durian Lokal Unggulan Kalimantan Barat ini sudah dilaksanakan lima tahun berturut dan merupakan upaya mengembangkan durian lokal unggul di berbagai wilayah.

Durian lokal sangat berpotensi menjadi durian kelas dunia dan mengalahkan Durian Ochee asal Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News