Durian, Mengundang namun Menakutkan

Durian, Mengundang namun Menakutkan
Durian, Mengundang namun Menakutkan

jpnn.com - BAGI sebagian orang, tak mencicipi durian bisa diibaratkan tidak menikmati surga. Raja buah itu dipandang sebagai legenda, yang terlezat yang pernah ada.

Tetapi, orang yang memiliki gangguan kesehatan tampaknya harus lebih waspada mengonsumsinya. Sebab, kandungan alkohol cukup berbahaya bagi mereka yang tinggi kolesterol atau mengidap penyakit jantung.

Itu diungkapkan ahli gizi dari RSUD dr Soetomo Dwi Eko Martini DCN. “Kalau makan durian, kenali kondisi tubuh terlebih dahulu,” katanya.

Kalau sehat, tentu tidak ada masalah makan durian. Yang punya gangguan kesehatan, misalnya alergi, kolesterol, atau jantung, tentu harus berhati-hati. Selain itu, ada penyakit yang seketika muncul setelah orang makan durian. Yakni, migrain dan mabuk.

Durian punya kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Itu memicu naiknya tekanan darah dan gula darah. Orang-orang yang terkena diabetes harus bisa mengatur banyaknya buah yang dimakan.

“Bukan tidak boleh memakan durian, tetapi ada batasannya. Cukup untuk tamba pengin (obat kepengin, Red),” ujarnya. Misalnya, cukup mengonsumsi satu biji durian. (ayu/rim/c7/dos)

Bagi yang Ingin Cicipi Durian :

  • Harus bisa mengukur berapa banyak buah yang ingin dimakan.
  • Kenali durian yang akan dimakan. Sebab, beberapa jenis durian bisa menimbulkan efek langsung.
  • Penderita gangguan kolesterol dan jantung sebaiknya tetap minum obat.
  • Konsultasi dengan dokter sebelum makan durian.
  • Perbanyak minum air putih, hindari minuman beralkohol dan kafein.

Sumber: Dwi Eko Martini, ahli gizi RSUD dr Soetomo

BAGI sebagian orang, tak mencicipi durian bisa diibaratkan tidak menikmati surga. Raja buah itu dipandang sebagai legenda, yang terlezat yang pernah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News