Duta Besar Ceko untuk Indonesia Dukung Pemindahan IKN, Ketua MPR Bilang Begini

Duta Besar Ceko untuk Indonesia Dukung Pemindahan IKN, Ketua MPR Bilang Begini
Ketua MPR RI Bamsoet usai menerima Duta Besar Ceko untuk Indonesia H.E. Mr. Jaroslav Dolecek di ruang kerja ketua MPR RI di Jakarta pada Kamis (20/1). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi dukungan para duta besar, diplomat, dan investor terkait rencana Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur yang kini diberi nama Nusantara.

Duta Besar Ceko untuk Indonesia H.E. Mr. Jaroslav Dolecek mengatakan, dirinya dan investor siap mendukung IKN Nusantara sebagai kota dunia yang modern dan berkelanjutan.

Namun, mereka berharap ada aturan hukum yang memastikan progres pembangunan IKN Nusantara tetap berjalan walaupun Joko Widodo tidak lagi menjabat presiden Indonesia.

Jika hanya diatur dalam undang-undang, pembangunan IKN ini sangat rawan diganti atau dihentikan melalui peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

"MPR RI saat ini menyelesaikan kajian pokok-pokok haluan negara (PPHN). Para duta besar, diplomat, dan investor tidak perlu khawatir terhadap pembangunan IKN Nusantara,'' ucap Bamsoet.

Hal itu dikatakan Bamsoet usai menerima Duta Besar Ceko untuk Indonesia H.E. Mr. Jaroslav Dolecek di ruang kerja ketua MPR RI di Jakarta pada Kamis (20/1).

PPHN akan memastikan kesinambungan pembangunan IKN Nusantara tidak hanya dilakukan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, tetapi juga presiden penggantinya.

Belajar dari berbagai pengalaman negara dunia, diperlukan waktu 10 hingga 20 tahun dalam pembangunan dan pemindahan IKN atau sekitar 2-4 kali Pemilu di Indonesia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan yang diberikan Duta Besar Ceko untuk Indonesia terkait pemindahan ibu kota negara yang bernama Nusantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News