E-commerce Jadi Pilihan Berbelanja Produk Elektronik, Rumah Tangga & Kesehatan

E-commerce Jadi Pilihan Berbelanja Produk Elektronik, Rumah Tangga & Kesehatan
Belanja online. Ilustrator: Ardissa Barack/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - E-commerce menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia (82%) untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga dan kesehatan dibandingkan melalui media sosial (13%) maupun secara offline (6%). Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Populix pada Juli 2023.

Mereka memilih berbelanja melalui platform e-commerce lantaran hemat waktu dan tenaga (79%), gratis ongkos kirim (72%), harga lebih murah dari toko offline (62%), tersedia diskon pembelian (61%), dan kemudahan membandingkan harga dengan toko lain (57%).

Anggaran yang dikeluarkan untuk berbelanja di e-commerce pun lebih tinggi dibandingkan dengan belanja di media sosial, tetapi masih cenderung di bawah anggaran ketika membeli barang dengan mengunjungi toko secara langsung, khususnya untuk kategori produk elektronik.

Adapun tiga brand e-commerce yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam membeli produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan meliputi Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

"Tokopedia (44%) menempati Top of Mind masyarakat Indonesia, disusul dengan Shopee (40%) dan Lazada (11%). Tokopedia juga menjadi e-commerce dengan tingkat konversi tertinggi dalam hal retensi pembelian dibandingkan e-commerce lainnya," ujar Head of Research Populix, Indah Tanip.

Menurut Indah kepercayaan konsumen terhadap Tokopedia sebagai e-commerce pilihan mereka didorong oleh kualitas produk yang baik dan pengiriman yang aman.

Di sisi lain, responden memilih Shopee karena harga yang terjangkau dan tersedianya promo gratis ongkos kirim, sedangkan Lazada dipilih karena pengiriman yang aman dan terpercaya, serta harga yang lebih terjangkau.

Dalam hal loyalitas konsumen, Tokopedia unggul dibandingkan dengan e-commerce lain di kategori kesehatan.

Saat ini, masyarakat Indonesia cenderung memilih berbelanja produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan melalui e-commerce.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News