E-Commet Beroperasi Tahun Depan

E-Commet Beroperasi Tahun Depan
E-Commet Beroperasi Tahun Depan
JAKARTA-Electronic commuter ticketing (e-commet) segera beroperasi Maret 2012. Saat ini Direktorat Jenderal Kereta Api (KA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan persiapan-persiapan termasuk operasional rute baru lingkar Jakarta (loopline), dan feeder-feeder yang overlapping.

’’E-commet merupakan bentuk peningkatan pelayanan kami terhadap pengguna kereta api,’’ kata Dirtjen KA Tundjung Inderawan usai paparan kinerja Kemenhub akhir tahun di Jakarta Senin (19/12). Tundjung menjelaskan, e-commet berfungsi untuk mempercepat transaksi sama dengan busway.

Menurut Tudjung, pihaknya saat ini tengah melakukan persiapan operasional mengingat adanya rute-rute baru di Jakarta seperti loopline, dan pengaturan operasi feeder-feeder yang overlapping. ’’Masih dalam tahap penyederhanaan,’’ katanya. Dia berharap persiapan itu sudah selesai pada akhir Maret 2012 sehingga bisa langsung dioperasikan.

Dalam kesempatan yang sama, Tundjung juga menjelaskan progress dari proyek-proyek KA yang dilakukan Ditjen Perhubungan. Termasuk Mass Rapid Transportation (MRT), jalur ganda, dan KA Bandara. Untuk progress MRT, Tundjung mengaku saat ini hasil pra kualifikasi sudah diteken setuju oleh JICA (pemberi fasilitas loan untuk MRT).

’’Hasil dokumen tender juga sudah di acc (disetujui) JICA sehingga saya berharap akhir Desember ini sudah bisa diumumkan pelelangan tendernya,’’ harap Tundjung. Yang ditenderkan, kata Tundjung, sebagian besar adalah pekerjaan teknik sipil, dan jumlah 13 kontraktor yang sudah disetujui JICA juga sudah ada.

JAKARTA-Electronic commuter ticketing (e-commet) segera beroperasi Maret 2012. Saat ini Direktorat Jenderal Kereta Api (KA) Kementerian Perhubungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News