E-KTP Masih Bermasalah

E-KTP Masih Bermasalah
E-KTP Masih Bermasalah
BITUNG - Penerapan KTP elektronik atau e-KTP belum berjalan mulus. Diyakini, penyelesaiannya tak akan sesuai target untuk dituntaskan Desember 2011. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapilduk) Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Wellem Muaya mengatakan, waktu yang dibutuhkan tak cukup untuk menyelesaikannya tahun ini. "Harusnya 100 hari. Waktu yang kami miliki hanya 70 hari," kata Muaya, Kamis (3/11).

Ia menambahkan, kurangnya hari diakibatkan alat yang belum lengkap setelah berada di kecamatan. Lebih parah lagi, saat dilengkapi ternyata banyak yang rusak dan tak bisa difungsikan. "Kita sudah menyurat ke pusat tapi belum ada tanggapan," keluhnya.

Berdasarkan data, hingga 31 Desember 2011 terdapat 149.314 wajib KTP di Bitung. Itu merupakan data yang diambil hingga 14 Oktober 2011. "Tahun ini tak mungkin selesai,” katanya.

"Kami yang termasuk dalam 197 daerah yang e-KTP jalan tahun ini akan menyurat ke pusat. Meminta perpanjangan pengurusan e-KTP gratis sampai awal tahun depan agar tak kena pungutan," terangnya.

BITUNG - Penerapan KTP elektronik atau e-KTP belum berjalan mulus. Diyakini, penyelesaiannya tak akan sesuai target untuk dituntaskan Desember 2011.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News