Eco Driving untuk Langit Biru

Eco Driving untuk Langit Biru
Eco driving. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Aplikasi Eco drive terbukti bisa menghemat pemakaian bahan bakar 10-15%. Tekniknya adalah mengemudi dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar safety driving, untuk berkendara lebih efisien, hemat bahan bakar, dan mengurangi polusi.

M.R. Karliansyah, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK mengatakan kegiatan Eco Driving ini merupakan bagian dari Program Langit Biru yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara.

Terutama yang bersumber dari kendaraan bermoto. Di samping itu, eco driving juga bisa menjawab tantangan upaya-upaya inovatif untuk program penurunan konsumsi bahan bakar minyak sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca yang merupakan penyebab terjadinya perubahan iklim dari sektor transportasi.

Dengan penghematan penggunaan bahan bakar dapat berimplikasi pada penurunan pencemaran udara yang disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Aplikasi ini juga dapat mengurangi tingkat kecelakanaan lalu lintas karena kerja mengemudi menjadi lebih aman dan nyaman (stressless).

“Penghematan 10-15% tentu akan bermanfaat luar biasa jika diterapkan secara masif dan luas di Indonesia”, ucap M.R. Karliansyah, dalam acara Workshop, Eco-Driving Rally dan Talkshow 2018, yang dilaksanakan beberapa hari lalu di Jakarta.

Beberapa teknik dasar dalam eco driving. Di antaranya tidak tunggu mesin meraung saat memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi.

Kemudian usahakan untuk mempertahankan kecepatan secara konstan atau stabil dan hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu.

Saat menikung, tidak perlu melakukan akselerasi dan pengemudi perlu menjaga kecepatan secara konstan dan putaran mesin tidak terlalu tinggi di kondisi jalanan menanjak dan turunan.

KLHK terus memasyarakatkan penerapan eco drive sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat untuk penghematan maupun untuk kualitas udara lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News