Edukasi Generasi Z, Greenpeace Sebut Indonesia dalam Cengkeraman Oligarki, Wow!

Edukasi Generasi Z, Greenpeace Sebut Indonesia dalam Cengkeraman Oligarki, Wow!
Greenpeace mengedukasi generasi Z dalam Youth Festival agar paham negeri ini dikuasai oligarki. Foto dok. Greenpeace Indonesia 

jpnn.com, JAKARTA - Greenpeace Indonesia menggelar kampanye menyasar generasi muda agar mereka menyadari pentingnya kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Bertema Youth Festival – Membangun Ulang Indonesia, kegiatan ini memberi edukasi politik lingkungan dan menyediakan ruang diskusi kepada anak-anak muda generasi Z.

"Mereka ini calon pemimpin bangsa karenanya harus paham jika Indonesia saat ini berada dalam cengkeraman oligarki yang menguasai seluruh aspek kehidupan masyarakat," kata Country Director Greenpeace Indonesia Leonard Simanjuntak, dalam Youth Festival yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10).

Dikatakannya, sebagai pemilik masa depan negeri ini, anak-anak muda sekaligus diajak untuk mengambil peran bagi bangsa ke depan yang lebih baik, berkeadilan dan berkelanjutan. Caranya dengan membangun ulang Indonesia. 

"Oligarki tak segan-segan menampakkan wujudnya dalam tampuk kekuasaan pemerintahan, dengan mengeluarkan sejumlah produk hukum kontroversial seperti UU KPK, UU Minerba, dan UU Cipta Kerja," lanjutnya. 

Dia menambahkan undang-undang tersebut mendapatkan penolakan dari berbagai kelompok masyarakat, karena sejumlah pasal yang dianggap tidak pro terhadap kesejahteraan rakyat dan lingkungan.

Dalam UU Cipta Kerja misalnya, salah satu ancaman utama bagi lingkungan hidup terletak pada perubahan proses perizinan untuk sektor perkebunan. 

"Izin lingkungan telah diganti dengan 'persetujuan lingkungan' yang lebih lemah sebagai bagian dari perizinan berusaha yang lebih umum," tegasnya.

Greenpeace mengedukasi generasi Z dalam Youth Festival agar paham negeri ini dikuasai oligarki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News