Edukasi Masyarakat tentang Kopi

Edukasi Masyarakat tentang Kopi
Edukasi Masyarakat tentang Kopi
BERBICARA tentang kopi, Opal Coffee merupakan salah satu produk kopi legendaris terbesar di Indonesia. Merek yang dimiliki PT Sari Makmur Tunggal Mandiri (SMTM) itu mengkalim bahwa market shared produknya mencapai 50 persen untuk pasar hotel, restoran, dan kafe di seluruh Indonesia. Bahkan, kopi ini pun sudah dikenal di hampir seluruh benua.

"Ya bisa jadi ini memang terbesar di Indonesia. Pasar kami di internasional juga luar biasa," kata Michael Wongso, operational manager Opal Coffee.

Dia mengatakan, perusahaan kopi yang berpusat di Medan itu awalnya hanya eksporter biji kopi mentah yang memasok pasar-pasar kopi dunia. Misalnya, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan beberapa negara Eropa lainnya. Jepang dan Aljazair juga menjadi pasar utama.

Tapi, saat itu PT SMTM tidak memiliki merek paten untuk kopi. Nah, karena sejak berdiri pada 1996 perusahaan itu berkembang dengan pesat, sang pemilik Suryo Pranoto mematenkan produk kopinya pada 2000.

BERBICARA tentang kopi, Opal Coffee merupakan salah satu produk kopi legendaris terbesar di Indonesia. Merek yang dimiliki PT Sari Makmur Tunggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News