Edward Snowden Bisa Tinggal di Rusia 3 Tahun Lagi

Edward Snowden Bisa Tinggal di Rusia 3 Tahun Lagi
Edward Snowden Bisa Tinggal di Rusia 3 Tahun Lagi. Getty Images

jpnn.com - Buronan Amerika Serikat, Edward Snowden kini bisa tinggal dengan aman di Rusia. Pasalnya, Pemerintah Rusia telah memperpanjang suakanya selama tiga tahun.

Snowden mendapat izin tinggal hingga Agustus 2017 mendatang. Ia mengajukan permohonan perpanjangan suaka politik setelah berakhir Juli 2014.

Namun, Pengacara Edward Snowden, Anatoly Kucharena menolak jika kliennya disebut mendapat suaka politik. Kata dia, Snowden hanya mendapat izin tinggal.

Voa Indonesia, Kamis (7/8) melaporkan izin tinggal itu diperoleh karena Snowden saat ini bekerja di sektor teknologi informasi. Karena itu kata Kucharena, kliennya harus memiliki pekerjaan sebagai syarat untuk tetap tinggal di Rusia.

Seperti diketahui, Snowden menjadi buron pemerintah AS dan dikenai tuntutan spionase dan pencurian properti milik pemerintah Amerika. Ia melarikan diri pada Mei 2013 setelah membocorkan informasi rahasia kepada wartawan tentang program pengintaian Amerika.

Snowden menghadapi tuntutan spionase di Amerika, tetapi Rusia menolak permintaan ekstradisi untuk mengadilinya di Amerika. (awa/jpnn)

 


Buronan Amerika Serikat, Edward Snowden kini bisa tinggal dengan aman di Rusia. Pasalnya, Pemerintah Rusia telah memperpanjang suakanya selama tiga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News