Effendi Simbolon: Anak Muda Sumut Banyak yang Berprestasi

Effendi Simbolon: Anak Muda Sumut Banyak yang Berprestasi
Effendi Simbolon. Foto: ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anak muda era kekinian yang melek teknologi, yang disebut sebegai generasi milineal, merupakan kekuatan potensial Indonesia.

Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) mengatakan, generasi milineal perlu dibekali dengan nilai-nilai kebangsaan supaya bisa memanfaatkan teknologi untuk membangun negeri ini menjadi lebih kuat.

“Agar negeri ini tidak kalah dengan negara-negara maju lain,” cetus Effendi Simbolon dalam keterangan tertulisnya, berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Effendi Simbolon mengatakan, pemerintah sepatutnya memfasilitasi kebangkitan generasi milenial tersebut di tengah momentum peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2017.

“Kita perlu mengingatkan bahwa sejak dulu negara ini dibangun oleh para pemuda, terbukti dengan adanya Sumpah Pemuda pada tahun 1928, yang kemudian mendorong Proklamasi Kemerdekaan pada tahun 1945 yang juga dipelopori oleh para pemuda,” kata Effendi Simbolon.

Anggota Komisi I DPR RI itu mengatakan, pada hakikatnya para pemuda generasi milenial yang menjadi pewaris bangsa dan negara ini.

“Mereka tidak boleh cuek dan apatis pada kondisi bangsa dan negara ini. Generasi milenial harus didorong supaya konsisten berjuang untuk kemajuan bangsa dengan memanfaatkan teknologi,” tegasnya.

BKKBN (Badan Kordinasi Keluarga Berencana Nasional) mencatat Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yaitu jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) mencapai 180 juta jiwa atau sekitar 70 persen atau pada tahun 2020-2030, sedang 30 persen lagi adalah penduduk tidak produktif (usia 14 tahun ke bawah dan usia di atas 65 tahun).

Pemerintah sepatutnya memfasilitasi kebangkitan generasi milenial tersebut di tengah momentum peringatan Sumpah Pemuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News