Effendi Simbolon: Ini Lebih Hebat dari Peristiwa Sambo, Ibu Menlu

Effendi Simbolon: Ini Lebih Hebat dari Peristiwa Sambo, Ibu Menlu
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/9). Aristo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyoroti kasus pembunuhan sekaligus mutilasi di Papua dalam rapat kerja (raker) dengan Menlu RI Retno Marsudi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/9).

Menurut legislator Fraksi PDI Perjuangan, peristiwa pembunuhan sekaligus mutilasi berdampak kepada konsolidasi Indonesia menyambut penyelenggaraan G20.

"Ibu Menlu akan kerepotan nanti, apalagi jelang G20. Kami ingin semua smooth dan dilaksanakan dengan baik dan hasil berjalan baik," kata Effendi saat raker di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dia pada dasarnya merasa mutilasi warga di Papua ini lebih hebat daripada kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau J dengan tersangka Irjen Ferdy Sambo. 

"Ini lebih hebat dari peristiwa Sambo. Tentara memutilasi orang sipil, Bu, luar biasa," kata Effendi.

Alumnus Universitas Jayabaya itu kemudian dalam raker mengusulkan kepada Komisi I DPR agar mendorong TNI membentuk tim khusus penuntasan kasus mutilasi.

"Harus bentuk timsus, ini pelanggaran HAM," kata Effendi.

Sebelumnya, Mabes TNI AD mengerahkan tim untuk membantu penyidikan kasus pembunuhan dan mutilasi warga sipil yang ditemukan di Kampung Pigapu-Logopon, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (27/8).

Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyebut kasus ini lebih mengerikan dari pembunuhan yang dilakukan Ferdy Sambo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News