Effendi Simbolon Menyorot Kinerja Jokowi, Ferdinand Bereaksi

Senin, 02 Agustus 2021 – 09:05 WIB
Effendi Simbolon Menyorot Kinerja Jokowi, Ferdinand Bereaksi
Ferdinand Hutahaean menanggapi pernyataan politikus PDIP Effendi Simbolon yang menyebut Jokowi tidak patuh konstitusi soal penanganan pandemi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) menanggapi pernyataan politikus PDIP Effendi Simbolon yang menyalahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penanganan pandemi Covid-19.

Effendi Simbolon sebelumnya menilai Jokowi tidak patuh konstitusi lantaran ogah memberlakukan kebijakan lockdown sejak awal pandemi Covid-19 sebagaimana amanat UU Kekarantinaan Kesehatan.

"Sejak awal munculnya Jokowi di kancah politik nasional, ES (Effendi Simbolon, red) selalu negatif berpendapat terhadap Jokowi," ucap Ferdinand Hutahaean dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com, Minggu (1/8).

Eks politikus Partai Demokrat itu menilai pernyataan Effendi Simbolon yang menyatakan sudah banyak negara yang sukses melawan Covid adalah tidak benar dan mengada-ada.

"Belum ada satu negara pun yang sukses melawan Covid meskipun sudah pernah melakukan lockdown," ucap Ferdinand.

Dia menyebut tidak ada keharusan bagi pemerintah mengambil kebijakan lockdown dalam menanggulangi pandemi virus Corona.

Ferdinand menyebut UU Kekarantinaan Kesehatan juga tidak mewajibkan harus memilih karantina sebagai satu-satunya kebijakan yang wajib dipilih pemerintah.

"Maka Effendi Simbolon jelas salah menuduh presiden tak patuh konstitusi, kritik yang emosional dan mengada-ada," sambung mantan Caleg DPR RI ini.

SPONSORED CONTENT

loading...