Eh Ada Sepeda Jokowi di Brandenburger Tor Berlin

Eh Ada Sepeda Jokowi di Brandenburger Tor Berlin
Ada sepeda Jokowi di Brandenburger Tor, Berlin. Foto : Antara

jpnn.com, BERLIN - Suasana baru pada perayaan Resepsi Diplomatik merayakan HUT RI ke-74 terlihat di Berlin di mana para tamu bisa berfoto dengan replika Presiden RI, Joko Widodo yang sedang mengayuh sepeda di depan Brandenburger Tor, Berlin.

"Menariknya lagi, acara resespi yang dihadiri sekitar 400 tamu undangan ini, diadakan di gedung Axica berlokasi sekitar 50 meter dari Brandenbuger Tor, salah satu ikon Kota Berlin," ujar Pensosbud KBRI Berllin Hannan Hadi kepada Antara London, Jumat.

Dubes Indonesia di Jerman, Arif Havas Oegroseno merancang perhelatan kemerdekaan Indonesia dengan tampilan berbeda.

Resepsi diplomatik umumnya kental dengan suasana formal. Namun Resepsi Diplomatik Indonesia berlangsung Selasa lalu (17/9) dikemas dalam konsep lebih variatif.

Saat pertama masuk ruangan resepsi, desain ruang menyuguhkan taman hutan yang menggambarkan alam Indonesia yang hijau dan terpelihara kesinambungannya.

Di sisi kanan kiri ruangan terpajang serangkaian foto menceritakan kilas balik awal sejarah hubungan Indonesia dan Jerman.

Di antaranya sejarah Humbold bersaudara yang pernah menulis buku tentang Indonesia di awal Abad ke-19, sejarah mengenai pengaruh kedokteran Indonesia di Jerman, serta beberapa foto dan lukisan Raden Saleh.

Selain itu foto-foto Presiden RI pertama, kedua, keempat, kelima, keenam dan ketujuh saat berkunjung ke Jerman.

Terpajang serangkaian foto menceritakan kilas balik awal sejarah hubungan Indonesia dan Jerman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News