Eko Patrio: PGEO Berperan Penting dalam Transisi Energi Bersih

Eko Patrio: PGEO Berperan Penting dalam Transisi Energi Bersih
Anggota Komisi VI DPR RI Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio saat sosialisasi soal transisi energi bersih di Jakarta, Jumat (22/9). Foto: Fraksi PAN DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio menyebut PT Pertamina Geothermal Energy (PGEO) berperan penting dalam transisi energi bersih dan berkelanjutan.

PGEO merupakan anak perusahaan PT Pertamina di bidang pembangkit listrik dari energi panas bumi.

Eko menyebut indonesia punya banyak gunung berapi yang aktif dan masuk di dalam cincin api (ring of fire). Hal itu menurutnya menjadi sumber energi baru terbarukan yang dapat dimanfaatkan berupa panas bumi..

"Energi ini kemudian diolah oleh Pertamina menjadi listrik yang dialirkan ke rumah," kata Eko dalam kegiatan sosialisasi, dikutip dari siaran pers di Jakarta, Jumat (22/9).

Dia menjelaskan bahwa PGEO punya pengalaman panjang sejak 2006 dan saat ini memiliki 40 persen sumber geothermal di dunia, termasuk dengan kualitas yang bagus berada di Sumatera dan Jawa.

"Pertamina melalui PGEO menjadi BUMN yang terdepan dalam pemanfaatan energi baru terbarukan, bahkan termasuk perusahaan geothermal terbesar di Indonesia," tuturnya.

Adapun area operasi PGEO terdiri dari 13 wilayah kerja, dari Kamojang, Karaha, Lahendong, Gunung Sibual-Buali, Gunung Sibayak-Sinabung, Sungai Penuh, Hululais, Lumut Balai & Margabayur, Way Panas, Pangalengan, Cibeureum-Parabakti, Tabanan, dan Seulawah.

Sekretaris Fraksi PAN DPR RI itu mengatakan PGEO juga telah berinvestasi dalam teknologi canggih dan inovasi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas.

Anggota Komisi VI DPR RI Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio menyebut Pertamina Geothermal Energy (PGEO) berperan penting dalam transisi energi bersih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News