Ekonom: Ancaman Resesi dapat Terjadi di Sepanjang 2021

Ekonom: Ancaman Resesi dapat Terjadi di Sepanjang 2021
Ekonom menyarankan pemerintah segera menerapkan kembali PSBB di daerah zona merah sebelum fasilitas kesehatan collaps dan keadaan semakin tidak terkontrol. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Fadhil Hasan meminta pemerintah untuk tidak ragu menerapkan PSBB menyeluruh dan mempercepat vaksinasi.

Co-Founder Narasi Institute itu mengkhawatirkan lonjakan kasus Covid-19 ulah varian delta dan kematian akan mengancam pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung.

“Varian Delta ini seperti kotak pandora, bila kita menyikapinya biasa-biasa saja dan akhirnya terbuka, ancaman resesi dapat terjadi di sepanjang 2021,” ujar Fadhil Hasan.

Fadhil menyarankan pemerintah segera menerapkan kembali PSBB di daerah zona merah sebelum fasilitas kesehatan collaps dan keadaan semakin tidak terkontrol.

"Pemerintah perlu mempercepat vaksinasi di daerah zona merah untuk mencegah penyebaran lebih lanjut Covid-19," katanya.

Fadhil meminta program 3t juga perlu kembali dilaksanakan secara serius dan protokol kesehatan yang ketat perlu diberlakukan dengan sanksi yang lebih tegas.

“Pemberlakuan PSBB di daerah zona merah perlu dilaksanakan dengan menutup untuk sementara berbagai kegiatan masyarakat yang mengundang kerumunan masa (pernikahan), kegiatan ibadah, tempat hiburan dan pariwisata, mall, dan lainnya,” ungkap Fadhil Hasan

Menurut Fadhil Hasan, pengalaman selama ini menunjukkan bahwa PSBB selama dua minggu telah menimbulkan dampak negatif cukup signifikan bagi perekonomian nasional.

Ekonom senior Fadhil Hasan meminta pemerintah untuk tidak ragu menerapkan PSBB menyeluruh dan mempercepat vaksinasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News