Ekonomi Bisa Tumbuh 9 Persen

Ekonomi Bisa Tumbuh 9 Persen
Ekonomi Bisa Tumbuh 9 Persen
JAKARTA – Pemerintah mengakui, jika infrastruktur dibenahi, pertumbuhan ekonomi bisa lebih melaju dibandingkan capaian saat ini. Deputi Menko Perekonomian Lucky Eko Wuryanto mengatakan, jika Indonesia memiliki infrastruktur yang baik, ekonomi bisa tumbuh hingga sembilan persen atau jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata saat ini, yaitu enam persen.

Lucky menerangkan, kapasitas ekonomi saat ini memang belum cukup untuk mendukung kegiatan ekonomi. Dia mencontohkan kepadatan jalan per hektare di Jakarta yang masih rendah. ”Kita hanya sepertiga kapasitas infrastruktur di kota besar seperti Tokyo atau Hong Kong. Itu berarti belum berkembang,” katanya di Jakarta, Selasa (14/6).

Untuk membangun infrastruktur, lanjut dia, diperlukan perubahan cara pandang dari segenap kementerian atau lembaga. ”Bahwa sebaiknya yang dibiayai pemerintah adalah yang pihak swasta tidak tertarik, dari segi bisnis tidak menguntungkan. Prinsipnya, infrastruktur adalah tugas pemeirntah untuk menyediakan,” tegas Lucky.

Agar pemodal tertarik, ketersediaan infrastruktur menjadi hal yang mutlak. ”Kalau kita mengundang swasta, kasih karpet merah dong seperti iklim investasi. Kepastian hukum harus jelas agar mereka mau. Karena minta bantuan swasta, jadi pemerintah harus menyiapkan agar swasta betah,” bebernya.

JAKARTA – Pemerintah mengakui, jika infrastruktur dibenahi, pertumbuhan ekonomi bisa lebih melaju dibandingkan capaian saat ini. Deputi Menko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News