Ekonomi Global Bergejolak, Apa Kabar Kondisi Indonesia? Sri Mulyani Bilang Begini

Ekonomi Global Bergejolak, Apa Kabar Kondisi Indonesia? Sri Mulyani Bilang Begini
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan di tengah kondisi ekonomi global yang menantang saat ini ekonomi Indonesia tetap tumbuh baik. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan di tengah kondisi ekonomi global yang menantang saat ini ekonomi Indonesia tetap tumbuh baik.

"Ekonomi Indonesia berkinerja relatif baik atau bahkan mendekati excellent," kata Menkeu Sri Mulyani dalam 2nd International Conference on Muslim World Economy and Business (ICMWEB) yang dipantau virtual di Jakarta, Rabu (10/5).

Menkeu Sri Mulyani menuturkan Indonesia termasuk negara keempat dengan penduduk terpadat di dunia dan sepuluh ekonomi terbesar dengan pertumbuhan sektor e-commerce tercepat setelah Vietnam.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebutkan keberhasilan penanganan COVID-19 tidak hanya memberikan kepercayaan diri tetapi juga percepatan momentum pemulihan ekonomi.

"Bahkan, Indonesia mencatat enam triwulan berturut-turut dengan pertumbuhan di atas 5 persen," ucap Sri Mulyani.

Selain itu, Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi 5,31 persen sepanjang 2022, dan pada kuartal I-2023 sebesar 5,03 persen.

Padahal, kata Sri Mulyani, kondisi global menyebabkan banyak negara memburuk, pertumbuhan ekonomi melemah, inflasi sangat tinggi, serta defisit terus melebar.

"Ini adalah Indonesia yang sangat sukses dalam mengelola ketidakpastian ekonomi global dan juga fragmentasi, tetapi di sisi lain juga penanganan dari COVID-19 menjadi upaya bersama yang terkoordinasi untuk memulihkan ekonomi dengan cara yang sangat efektif," ujarnya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan di tengah kondisi ekonomi global yang menantang saat ini ekonomi Indonesia tetap tumbuh baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News