Ekonomi Kreatif jadi Identitas Citra Bangsa, Sejahterakan Masyarakat

Ekonomi Kreatif jadi Identitas Citra Bangsa, Sejahterakan Masyarakat
Kemenkominfo mendorong masyarakat Wonogiri meningkatkan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan potensi produk lokal. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, WONOGIRI - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong masyarakat Wonogiri meningkatkan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan potensi produk lokal. Ini agar bisa mendorong kesejahteraan masyarakat dan setempat.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Dr. Adriana Grahani Firdausy, SH., M.H. mengatakan fungsi ekonomi kreatif berdampak sosial bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Ekonomi kreatif juga menjadi identitas citra dari bangsa Indonesia itu sendiri,” ujar Adriana dalam kegiatan Chip In Literasi Digital untuk Masyarakat Komunitas di Kabupaten Wonogiri baru-baru ini.

Andriana menambahkan masyarkat Wonogiri harus bisa melihat potensi dari produk-produk lokal setempat agar nantinya bisa lebih dikembangkan dan disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga skala internasional.

Dalam kesempatan sama, Widyaiswara Utama Rosarita Niken Widiastuti menyarankan masyarakat Wonogiri untuk bisa memasarkan produk lokalnya melalui media sosial agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi di luar wilayah Kabupaten Wonogiri.

Sebetulnya, ujarnya, produk apa saja yang ada di sini bisa dipasarkan, mau itu secara offline atau online. Kalau offline yang membeli kan hanya dari yang orang lewat, tetapi kalau di media sosial yang membeli bisa dari semua orang di Indonesia. 

"Karena kalau memasarkan di media sosial, yang penting tahu dulu target audiensnya, mau menyasar anak muda atau orang tua, baru nanti sesuaikan dengan platform yang ada,” tutur Rosarita.

Dia juga menyarankan masyarakat Wonogiri harus tetap bijak dan berhati-hati dalam memasarkan produknya di media sosial untuk mencegah terjadinya kejahatan digital, karena pada saat ini sedang banyak kasus penipuan online yang beredar di media sosial. 

Ekonomi kreatif jadi identitas citra bangsa, berdampak sosial bagi kesejahteraan masyarakat 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News