Ekonomi Rontok Dihajar Corona, Kongres Amerika Godok Paket Bantuan Rp 32 Ribu Triliun

Ekonomi Rontok Dihajar Corona, Kongres Amerika Godok Paket Bantuan Rp 32 Ribu Triliun
100 Dolar. Foto: Brendan Smialowski/AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Beberapa minggu lalu kondisi perekonomian Amerika Serikat terlihat sangat cerah. Semua berubah ketika virus corona tiba.

Seperti diberitakan AFP, anjloknya aktivitas akibat kebijakan jaga jarak ekstrem yang diterapkan sejumlah negara bagian telah membawa perekonomian AS melaju kencang menuju resesi atau bahkan depresi.

Para politikus di Kongres saat ini tengah menggodok sebuah paket bantuan yang diklaim akan menyelamatkan ekonomi Paman Sam. Tidak tanggung-tanggung, nilainya mencapai hampir USD 2 triliun (Rp 32.262 triliun).

Anggaran superbesar itu akan digunakan untuk membantu bisnis, warga biasa dan rumah sakit yang terdampak kebijakan lockdown.

Jika paket bantuan tersebut benar-benar disahkan, maka akan jadi yang terbesar dalam sejarah AS. Jauh lebih besar ketimbang dana talangan yang dikeluarkan akibat krisis finansial 2008.

Lebih dari 700 orang di Amerika Serikat kehilangan nyawa akibat virus corona. Sedangkan jumlah kasus terkonfirmasi saaat ini hampir menembus 54 ribu. (AFP/dil/jpnn)

Beberapa minggu lalu kondisi perekonomian Amerika Serikat terlihat sangat cerah. Semua berubah ketika virus corona tiba.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News