Infografis

Ekosistem Mangrove Dukung Adaptasi dan Mitigasi Iklim

Ekosistem Mangrove Dukung Adaptasi dan Mitigasi Iklim
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Foto: klhk

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang tiada duanya. Di antaranya adalah ekosistem mangrove yang merupakan terluas di dunia.

Ekosistem hutan mangrove bisa dikatakan sebagai jenis ekosistem yang khas, karena ada sesuatu yang membedakan antara yang dimiliki oleh ekosistem hutan mangrove ini dan tidak dimiliki oleh ekosistem hutan yang lainnya.

Beberapa kekhasan yang dimiliki oleh ekosistem hutan mangrove ini antara lain adalah adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah, salinitas tanah yang tinggi, mengalami daur penggenangan oleh pasang surut air laut, hanya sedikit jenis tumbuhan yang bisa hidup, jenis tumbuhan yang dapat tumbuh bersifat khas karena telah melewati proses adaptasi dan juga evolusi.

Ekosistem hutan mangrove ini sangat perlu dipelihara dan dilestarikan, hal ini karena ekosistem hutan mangrove ini sangat bermanfaat dan mengandung fungsi yang banyak. (adv/jpnn)

Ekosistem Mangrove Dukung Adaptasi dan Mitigasi Iklim

 


Beberapa kekhasan yang dimiliki oleh ekosistem hutan mangrove ini antara lain adalah adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News