Eks Lifter Ini Baru Dapat Medali Perak Olimpiade 2012 Sekarang, Begini Kisahnya

Eks Lifter Ini Baru Dapat Medali Perak Olimpiade 2012 Sekarang, Begini Kisahnya
Mantan lifter Indonesia Citra Febrianti dalam pertemuan dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta (6/7). Foto: ANTARA/HO-NOC Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Citra Febrianti, eks lifter Indonesia, segera meraih medali perak Olimpiade London 2012 dalam acara seremonial di Plaza Timur, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (18/9).

Rencananya, Erick Thohir, salah seorang anggota IOC, mengalungkan medali itu kepada perempuan berparas cantik tersebut. 

Citra yang saat itu berada di posisi keempat kelas 53 kg putri Olimpiade London berhak atas realokasi medali perak dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

IOC mendiskualifikasi peraih medali emas Zulfiya Chinshanlo dari Kazakhstan pada 19 Oktober 2016 serta peraih perunggu Cristina Iovu asal Moldova pada 10 November 2016.

Kedua lifter itu terbukti positif doping berdasarkan klasifikasi baru Federasi Angkat Besi Internasional (IWF).

Setelah berjuang hampir tiga tahun, Citra akhirnya akan mendapat haknya sebagai peraih medali Olimpiade. 

Terkait penyerahan realokasi medali Olimpiade, IOC memberikan aturan agar medali diserahkan secara seremonial sebagai bentuk penghargaan terhadap prestasi atlet yang benar-benar bersih dari doping.

"Rasanya campur aduk. Satu sisi senang karena penantian saya segera terwujud, satu sisi saya merasa ini seperti perpisahan saya dari olahraga," kata Citra.

Eks lifter berparas cantik ini bakal menerima medali perak Olimpiade London 2012 di Senayan. Menteri BUMN Erick Thohir rencananya mengalungkan medali itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News