Eks Mendag M Lutfi: Kesuksesan Jokowi Seperti Bung Karno, Menginspirasi Afrika

Eks Mendag M Lutfi: Kesuksesan Jokowi Seperti Bung Karno, Menginspirasi Afrika
Eks Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menjadi pembicara utama dalam seminar dunia terkait kebijakan strategis pemanfaatan kekayaan alam di Afrika.

Seminar dunia ini bertajuk "Memaksimalkan Manfaat dari Pembaruan Kepentingan Global pada Mineral Strategis/Kritis di Afrika" yang direncanakan akan digelar pada Kamis (8/2/2024) di The Westin Cape Town, Afrika Selatan.

Adapun Workshop tersebut berada dibawah naungan Indaba Tambang 2024.

"Tentu ini kebanggaan kita sebagai sebuah bangsa. Jika dahulu Bung Karno lewat ideologi dan pemikirannya menggagas semangat kemerdekaan bangsa Afrika, Pak Jokowi saat ini lewat kebijakan menginspirasi Afrika yang terkait hilirisasi sumber daya alam. Afrika ingin mencontoh Indonesia yang menjadi tuan rumah dalam mengolah kekayaannya sendiri," ujar Lutfi dalam keterangannya, Sabtu (3/2).

Sebagai mantan menteri yang mengerti betul kebijakan hilirisasi Jokowi, Lutfi memang kerap berbicara di media sosial soal kebijakan pemerintah.

Tidak hanya itu, dalam sejumlah forum dunia seperti pertemuan WTO, eks Dubes Jepang dan Amerika ini kerap menjadi pembicara.

"Lembaga Carnegie Ebdowment ini pernah bertemu saya di forum WTO kemudian karena beberapa konten di media sosial di mana saya menjelaskan soal kebijakan hilirisasi Indonesia, mereka kemudian memberi undangan agar Indonesia bisa membagikan pengalaman suksesnya soal hilirisasi," kata Lutfi.

Afrika menganggap Indonesia sebagai role model bagi proyek hilirisasi untuk negara-negara berkembang penghasil tambang di dunia.

Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menilai kesuksesan Presiden Jokowi seperti Bung Karno yang menginspirasi Afrika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News