Ekspansi ke Malaysia, BNI Siapkan USD 77 Juta

Ekspansi ke Malaysia, BNI Siapkan USD 77 Juta
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Direktur Internasional dan Treasury PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Panji Irawan mengungkapkan, tingkat suku bunga kredit sangat dipengaruhi inflasi.

Jika penurunan inflasi melambat, suku bunga kredit juga sulit turun.

Saat ini, penurunan suku bunga kredit belum optimal.

Padahal, bank sentral telah menurunkan suku bunga BI 7-days reverse repo rate 150 basis points (bps) menjadi 4,75 persen.

Bank Indonesia memperkirakan kredit modal kerja turun satu bps menjadi 12,51 persen pada kuartal I 2017.

Pada waktu yang sama, bunga kredit investasi dan modal kerja diperkirakan turun masing-masing empat dan enam bps menjadi 12,77 serta 15,36 persen.

’’Ada dua hal yang membuat suku bunga terpengaruh. Pertama adalah inflasi. Kedua, bagaimana suku bunga market hari ini di New York belum berubah. Masih 0,75 persen untuk yang fed fund rate,’’ katanya di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (2/2).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, inflasi pada Januari 2017 mencapai 3,49 persen secara year-on-year dan 0,97 persen secara month-to-month (mtm).

Direktur Internasional dan Treasury PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Panji Irawan mengungkapkan, tingkat suku bunga kredit sangat dipengaruhi inflasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News