Ekspor Capai USD 50 Miliar

Ekspor Capai USD 50 Miliar
Ekspor Capai USD 50 Miliar
JAKARTA - Nilai transaksi ekpor Indonesia naik cukup signifikan. Hingga Mei tahun total ekspor Indonesia telah mencapai USD 50 miliar meningkat 30 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Secara year on year (yoy) angka itu mencapai 13 persen atau jauh diatas target semula yang hanya tujuh persen.  

“Angka 50 miliar dolar itu bukan sampai semester satu, itu angka penjualan dari Januari hingga Mei 2010,” ujar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Jakarta.

Mari menjelaskan, mayoritas ekspor masih berupa produk sektor pertambangan, minyak sawit mentah (CPO), alas kaki, tekstil dan produk tekstil, elektronik, serta kertas. Dia menyebut, ekspor sepatu tumbuh 20 persen, sedangkan TPT tumbuh 10 persen. Mari makin optimis seiring dengan adanya fasilitas pendanaan dengan bunga rendah dari Eximbank China melalui LPEI. Menurutnya, ekspor produk ke China akan meningkat.

Sebelumnya Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dilaporkan akan menyalurkan kredit 100 juta dolar AS kepada industri alas kaki serta tekstil dan produk tekstil di tanah air. Dana yang diperoleh dari Eximbank China itu disalurkan dengan bunga lebih rendah dari bank komersial.

JAKARTA - Nilai transaksi ekpor Indonesia naik cukup signifikan. Hingga Mei tahun total ekspor Indonesia telah mencapai USD 50 miliar meningkat 30

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News