Ekspor Pertanian Tetap Tumbuh, Ganjar dan Para Kepala Daerah Optimistis Ekonomi Nasional Segera Pulih

Ekspor Pertanian Tetap Tumbuh, Ganjar dan Para Kepala Daerah Optimistis Ekonomi Nasional Segera Pulih
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) saat peluncuran Merdeka Eskpor Kementan di Surabaya, Sabtu (14/8). Foto: humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru hingga Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi pertumbuhan ekspor sektor pertanian Indonesia di tengah masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Hal itu mereka sampaikan saat mengikuti pembukaan Merdeka Ekspor Kementerian Pertanian (Kementan) secara daring, Sabtu (14/8). Kegiatan itu digelar serentak secara nasional melalui 17 pintu ekspor dari 52 pintu utama di Indonesia.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan kegiatan merdeka ekspor sejatinya telah menandai semangat dan optimisme yang kuat terhadap kebangkitan ekonomi nasional yang secara perlahan namun pasti.

"Hari ini ada yang sangat membanggakan buat kita semua, di mana masyarakat bisa melihat adanya pertumbuhan ekonomi yang ditunjukkan oleh aktivitas merdeka ekspor," ujar Ganjar, kemarin.

Dia pun mengaku optimistis dengan kekuatan sektor pertanian Indonesia yang semakin tumbuh dan tangguh. Lebih dari itu, pertanian diyakini mampu memulihkan ekonomi akibat pandemi.

Oleh karena itu, Ganjar Pranowo menyatakan Jateng sebagai salah satu provinsi sentra pertanian siap mendukung berbagai program di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kita tahu ekonomi sedang jatuh atau sedang terpuruk. Namun pertanian bisa juara dan tumbuh. Inilah yang kita perlukan hari ini. Jawa Tengah siap mendapatkan bimbingan Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo). Bahkan kita siap mengajukan Pelabuhan Semarang sebagai pelabuhan hortikultura," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan selamat atas suksesnya acara merdeka ekspor yang mampu menghasilkan devisa negara hingga Rp 7,2 triliun. Dia berharap kegiatan itu terus bergulir setiap tahunnya.

Gubernur Ganjar Pranowo menyebut kegiatan merdeka ekspor menandai semangat dan optimisme yang kuat terhadap kebangkitan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News