Ekuador Temukan Alat Mata-Mata

Ekuador Temukan Alat Mata-Mata
Ekuador Temukan Alat Mata-Mata
LONDON - Penyadapan terhadap kedutaan besar sejumlah negara oleh Amerika Serikat, seperti diungkap mantan anggota CIA Edward Snowden, terbukti. Otoritas Ekuador menemukan sebuah alat penyadap yang dipasang secara rahasia di kantor kedubes di London. Negara itu pun meminta bantuan London untuk menginvestigasi temuan tersebut.

Sebuah mikrofon mata-mata ditemukan di dalam kantor duta besar Ekuador pada 14 Juni. Menurut keterangan Menteri Luar Negeri Ricardo Patino, Rabu (3/7) penyadap itu disembunyikan di dalam kotak putih kecil yang sebagian tertutup rak buku.

 ''Temuan tersebut menjadi perhatian serius kami,'' ujarnya. ''Kami meminta dukungan dari pemerintah Inggris untuk meneruskan temuan kami dengan sebuah penyelidikan lanjutan,'' tambahnya.

Peralatan tersebut, lanjut Ricardo, terdiri atas sebuah SIM card yang dirancang untuk mengirim isi pembicaraan yang bersifat tertutup di dalam kedutaan besar. Otoritas Ekuador meyakini bahwa alat itu sudah terpasang selama berminggu-minggu.

LONDON - Penyadapan terhadap kedutaan besar sejumlah negara oleh Amerika Serikat, seperti diungkap mantan anggota CIA Edward Snowden, terbukti. Otoritas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News