Ekuador Usir Diplomat AS

Ekuador Usir Diplomat AS
Ekuador Usir Diplomat AS
QUITO - Tak mau urusan dalam negeri diobok-obok negara lain, Ekuador mengusir diplomat Amerika Serikat dari kantor kedutaan di Quito. Dalam pidato mingguan di televisi setempat, Presiden Rafael Correa mengungkapkan, pada Sabtu lalu (7/2) telah memerintahkan pengusiran diplomat senior Atase Imigrasi dan Penegakan Hukum Amerika Serikat Armando Astorga. Sang diplomat dituduh membekukan bantuan rutin USD 340 ribu hanya karena Ekuador tak mau AS mengintervensi pengangkatan kepala polisi antipenyelundupan narkoba.

''Tuan Astorga, simpanlah uang kotor Anda itu! Kami tak butuh. Kami punya martabat dan kedaulatan,'' kata Correa seperti dilansir Associated Press.

Presiden berhaluan kiri itu membeber surat yang disampaikan ke kepala kepolisian 8 Januari lalu. Surat tersebut berisi pengumuman penangguhan bantuan ke unit polisi antinarkoba dan meminta barang-barang yang sudah disumbangkan. Antara lain, sepeda, perabotan, kamera dan telepon agar dikembalikan. Astorga juga menyebut dalam suratnya bahwa bantuan senilai USD 160 ribu untuk Unit Perdagangan Manusia bakal dipertimbangkan kembali.

Pernyataan tersebut membuat Presiden Correa berang. Dia menyebut Astorga ''kurang ajar" dan ''tolol".

QUITO - Tak mau urusan dalam negeri diobok-obok negara lain, Ekuador mengusir diplomat Amerika Serikat dari kantor kedutaan di Quito. Dalam pidato

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News