El Nino Ancam NTT

Petani Diminta Waspada

El Nino Ancam NTT
El Nino Ancam NTT
KUPANG- Para petani di NTT diminta mewaspadai fenomena alam berupa El Nino pada November hingga jelang awal tahun depan. Ini akibat dari meningkatnya suhu di Pasifik Ekuator Tengah, sehingga curah hujan menurun. Demikian dikatakan Kepala Stasiun Klimatologi Klas II Lasiana Kupang, Purwanto, ketika ditemui JPNN.

Dikatakan, fenomena ini terjadi setiap tiga sampai enam tahun. Dan untuk tahun 2009 ini, jelas Purwanto, NTT akan terkena imbas karena matahari sedang bergerak ke arah selatan, sehingga berada tepat di wilayah NTT. Hal ini menyebabkan suhu meningkat, sehingga akan berpengaruh terhadap curah hujan. Oleh karena itu, curah hujan di NTT akan bersifat normal dan di bawah normal.

"Tekanan udara rendah menyebabkan panas matahari bergerak ke arah selatan sehingga berada tepat di wilayah NTT. Ini menyebabkan kita saat ini kepanasan," urai Purwanto.

Purwanto menyebutkan, di beberapa tempat di NTT baru akan mengalami hujan saat memasuki Desember. Sementara, untuk wilayah seperti Sumba dan sebagian besar Flores akan mengalami hujan normal pada akhir November.

KUPANG- Para petani di NTT diminta mewaspadai fenomena alam berupa El Nino pada November hingga jelang awal tahun depan. Ini akibat dari meningkatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News