Elektabilitas Airlangga Tinggi Berdasarkan Survei PSI, Pengamat Sarankan Maju Capres

Elektabilitas Airlangga Tinggi Berdasarkan Survei PSI, Pengamat Sarankan Maju Capres
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah). Foto: Dok. Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Panel Survei Indonesia (PSI) merilis hasil survei para tokoh yang sangat mungkin bisa maju sebagai capres pada Pilpres 2024.

Hasilnya, Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto dipilih responden maju sebagai capres untuk menggantikan Presiden Jokowi.

Survei PSI dilakukan mulai tanggal 27 Mei hingga 11 Juni dengan mengambil jumlah sampel sebanyak 2.288 Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih saat Pemilu 2024 yang tersebar di 488 kabupaten dan kota secara proposional sesuai besaran komposis DPT Pemilu 2019.

"Dari hasil survei yang dilakukan PSI ditemukan bahwa sebanyak 29,4 persen ialah responden yang memilih Jokowi pada Pilpres 2019 dan sebanyak 20,4 persen merupakan pemilih Prabowo Subianto, dan 16,1 persen merupakan responden yang tidak memberikan hak suaranya di Pilpres 2024," kata Direktur Eksekutif PSI Ahmad Loksukon dalam keterangan tertulis, Senin (19/6).

Dia mengatakan hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria pengganti Presiden Jokowi yang diinginkan oleh publik, sebanyak sebanyak 48,9 persen, yakni pemimpin yang benar, paham hati rakyat, juga tahu kebutuhan ekonomi dan sosial rakyat, dan mau bekerja keras untuk rakyat.

Kemudian sebanyak 51,1 persen menginginkan pemimpin yang berani dan punya pengalaman dan mengerti cara memajukan perekonomian negara.

"Hasil penelitian menunjukkan jika pilpres digelar hari ini, dari empat tokoh mana yang dipilih sebagai presiden maka didapati responden yang memilih Jokowi pada Pilpres 2019, sebanyak 38,1 persen memilih Airlangga. Sebanyak 36,7 persen memilih Ganjar Pranowo dan sebanyak 10,1 persen memilih Prabowo Subianto, dan 5,6 persen memilih Anies Baswedan," ucap Ahmad Loksukon.

Sementara itu, hasil penelitian menunjukkan jika pemilu digelar hari ini maka Golkar mendapat 19,2 persen, PDIP 17,6 persen, Gerindra 17,4 persen, PKB 6,8 persen, Demokrat 6,2 persen, PKS 5,1 persen, Perindo 4,2 persen, PSI 3,9 persen, PPP 3,1 persen, NasDem 2,4 persen, dan PAN 2,3 persen.

Akan lebih menarik jika maju jadi capres, Airlangga menggandeng tokoh populer seperti Anies Baswedan atau Ridwan Kamil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News