Elektabilitas Anies Belasan Persen, Bakal Capres Koalisi Perubahan: Banyak Hal Akan Terjadi

Elektabilitas Anies Belasan Persen, Bakal Capres Koalisi Perubahan: Banyak Hal Akan Terjadi
Bakal capres di Pilpres 2024 Anies Baswedan di acara deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES) di GBK Senayan, Jakarta, Minggu (7/5). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com - MALANG  - Hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan 29 April-10 Mei 2023 menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan berada di urutan terakhir, yakni 13,6 persen.

Elektabilitas Prabowo Subianto berada pada urutan pertama dengan 24,5 persen.

Hasil survei dengan simulasi tiga kandidat capres di Pilpres 2024 tersebut menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo di urutan kedua dengan 22,8 persen,

Anies Baswedan, bakal capres 2024 yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), menanggapi santai hasil survei Litbang Kompas tersebut.

Dalam kunjungan ke Desa Jeru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (24/5), Anies mengatakan bahwa pemungutan suara Pilpres 2024 baru akan dilaksanakan delapan bulan lagi sehingga hasil survei yang ada tersebut masih fluktuatif.

"Perjalanan masih panjang, masih ada delapan bulan lagi. Banyak hal yang akan terjadi. Kalau teman-teman memantau, selalu yang namanya survei berbulan-bulan sebelum pelaksanaan masih fluktuatif," kata Anies Baswedan.

Pria kelahiran 7 Mei 1969 itu menjelaskan hasil survei tersebut akan menjadi bahan penting dalam menentukan rencana dan strategi ke depan.

Namun, Anies tidak bisa menjabarkan secara detail terkait strategi apa yang akan diterapkan.

Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan hanya belasan persen, jauh dibanding elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News