Elektabilitas Prabowo di Jabar Naik karena Para Tokoh Gerindra Hadir di Tengah Masyarakat

Elektabilitas Prabowo di Jabar Naik karena Para Tokoh Gerindra Hadir di Tengah Masyarakat
Pergerakan figur tokoh Partai Pengusung Prabowo Subianto, yakni Partai Gerindra terus menyosialisasikan sang capres kepada masyarakat dalam beberapa waktu terakhir. Foto: Dok Tim Media Iwan Bule

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Poltracking Indonesia baru saja merilis hasil surveinya terkait elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) di Jawa Barat.

Hasilnya, Prabowo Subianto mengalami kebaikan siginifikan sampai awal Oktober lalu. Apa penyebabnya?

Pengamat politik menyebut perolehan itu tak bisa dilepaskan dari pergerakan figur tokoh Partai Pengusung Prabowo Subianto, yakni Partai Gerindra yang terus menyosialisasikan sang capres kepada masyarakat dalam beberapa waktu terakhir.

Survei yang digelar oleh Poltracking itu pada 25 September-1 Oktober 2023 itu sendiri menggunakan simulasi surat suara tiga nama capres. Hasilnya, Prabowo Subianto memperoleh angka elektabilitas sebesar 44,2 persen, kemudian diikuti oleh Anies Baswedan sebesar 25 persen, dan Ganjar Pranowo 21,8 persen di Jawa Barat.

Mengacu kepada hasil survei pada periode Juni-September lalu, kenaikan paling signifikan ditunjukkan oleh Prabowo Subianto yang awalnya memiliki persentase elektabilitas di angka 38,5 persen, naik 5,7 persen menjadi 44,2 persen.

Di posisi kedua ada Anies Baswedan yang mengalami kenaikan 3 persen menjadi 25 persen, dan Ganjar Pranowo yang hanya naik sebesar 1,6 persen menjadi 21,8 persen.

Menurut Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, M.T., M.Si., kenaikan signifikan elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Barat tersebut lantaran adanya beberapa variable pengaruh. Salah satunya ialah tim sukses atau figur-figur yang memiliki pengaruh.

Dia menyebut ada beberapa tokoh Partai Gerindra yang secara simultan dan massif turun ke Jabar. Tokoh-tokoh tersebut, lanjut Widya, memiliki kemampuan untuk memberikan gambaran untuk menarik calon pemilih atau menjadi vote getter.

Elektabilitas Prabowo Subianto mengalami kebaikan siginifikan sampai awal Oktober lalu. Apa penyebabnya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News