Prabowo dan Erick Thohir, 2 Menteri Andalan Jokowi Meraih Elektabilitas Tertinggi di Jatim

Prabowo dan Erick Thohir, 2 Menteri Andalan Jokowi Meraih Elektabilitas Tertinggi di Jatim
Erick Thohir & Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk calon wakil presiden menjadi yang tertinggi di wilayah Jawa Timur (Jatim), sebagaimana survei Poltracking Indonesia. 

Dalam survei periode 25 September-1 Oktober 2023, kedua tokoh tersebut terpantau merajai bursa capres dan cawapres di Jawa Timur.

"Dalam survei ini elektabilitas capres di Jawa Timur itu diisi oleh Prabowo Subianto, sementara untuk cawapres dari responden Jawa Timur memilih Erick Thohir," kata Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi, dalam paparannya secara daring yang bertajuk "Peta Kekuatan Elektoral Capres-Cawapres di Provinsi Penentu & Terpadat Kedua Jawa Timur", Rabu (11/10).

Prabowo menempati posisi teratas dalam simulasi tiga nama capres. Ketua umum Partai Gerindra itu mendapatkan 40,6 persen, mengungguli Capres dari PDIP Ganjar Pranowo yang meraih 38,2 persen di posisi kedua, dan Capres dari Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) Anies Baswedan 13,6 persen di posisi ketiga.

Sementara, Erick Thohir menduduki posisi pertama dengan raihan 21,4 persen dalam simulasi 10 nama cawapres.

Ketua umum PSSI ini mengungguli Menko Polhukam Mahfud MD yang meraih 15,7 persen, Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 14,8 persen, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa 14,3 persen.

"Dalam kekuatan elektabilitas cawapres berdasarkan pilihan capres, pemilih Prabowo Subianto cenderung kepada Erick Thohir untuk dipasangkan," pungkas Arya.

Tentu ini menjadi bukti konkret dalam 1.000 responden dari survei tersebut mayoritas memilih dua menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini. Sebab, baik Prabowo maupun Erick Thohir, memiliki kerja nyata dalam upaya memajukan Indonesia. (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Prabowo dan Erick Thohir, dua menteri andalan Jokowi yang meraih elektabilitas tertinggi di Jawa Timur.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News