Elektabilitas Puan Maharani Meningkat Berkat Kerja Nyata Turun ke Daerah

Elektabilitas Puan Maharani Meningkat Berkat Kerja Nyata Turun ke Daerah
Ketua DPR RI Puan Maharani Foto: Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani dalam pemilihan presiden 2024 mendatang terus meningkat berkat kerja nyata dan safari politik ke berbagai daerah.

Hal itu diketahui dari survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) yang digelar pada 3-18 Agustus 2022.

Dalam metode survei terbuka dimana responden tak diberi pilihan nama calon, Puan Maharani meraih elektabilitas sebesar 9,6 persen.

“Elektabilitas Puan sudah meningkat cukup pesat dan berada di urutan tertinggi keempat,” kata Peneliti Senior Lembaga Survei KedaiKOPI Ashma Nur Afifah saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Puan hanya kalah dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (26 persen), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (18 persen) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (14,5 persen).

Politikus PDIP itu mengungguli nama besar lainnya seperti Ridwan Kamil (7,7 persen), Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (1,5 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (1,3 persen), dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (1,3 persen).

Sementara dalam survei metode tertutup dimana responden sudah diberi sejumlah pilihan nama 19 tokoh, Puan tetap berada di posisi keempat dengan elektabilitas 11,3 persen.

Dalam skema tertutup ini, Puan lagi-lagi hanya kalah dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani dalam pemilihan presiden 2024 mendatang terus meningkat berkat kerja nyata dan safari politik ke berbagai daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News