Elite PKS Dorong Waktu Pelaksanaan Pilkada 2024 Maju

Elite PKS Dorong Waktu Pelaksanaan Pilkada 2024 Maju
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, mendorong wacana memajukan waktu Pilkada 2024. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendorong wacana memajukan waktu Pilkada 2024. Menurut Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, majunya Pilkada 2024 ini untuk mempersingkat waktu penjabat (Pj) menjadi gubernur.

“Ini punya dasar, agar keberadaan Pj Kepala Daerah menjadi lebih singkat karena bisa segera digantikan kepala daerah hasil pilkada,” ujar Mardani Ali Sera, Rabu (6/9).

Karena itu Mardani mengatakan, wacana memajukan Pilkada 2024 adalah hal yang baik. Sehingga jabatan kepala daerah tidak terlalu lama kosong diisi oleh Pj.

Sebab, menurut dia, ada banyak masalah dalam proses penunjukkan penjabat kepala daerah oleh pemerintah pusat.

"Secara umum kita menilai kalau feasibility-nya bisa di September agar awal 2025 kepala daerah definitif bisa dilantik, kami sih suka saja, tinggal hati-hati saja," imbuhnya.

Kendati demikian, anggota Komisi II DPR ini menuturkan, perlu adanya persiapan yang khusus, mengingat waktu pilkada ini bersamaan dengan pelaksanaan pileg dan pilpres.

Mardani mengungkapkan nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 10 Tahun 2016 tentang pilkada.

Oleh karena itu, jika Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu nantinya pelaksanaan pilkada akan dilakukan September dari tanggal sebelumnya November 2024.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, mendorong wacana memajukan waktu Pilkada 2024. Simak!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News