Emas Turun, Oktober Deflasi

Emas Turun, Oktober Deflasi
Emas Turun, Oktober Deflasi
JAKARTA - Memasuki pengujung tahun ini, inflasi makin terkendali. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Oktober lalu terjadi deflasi sebesar 0,12 persen. Sehingga, inflasi tahun kalender baru mencapai 2,85 persen, dan secara year on year di posisi 4,42 persen.

Angka ini makin jauh dari batas 5,65 persen yang ditargetkan dalam APBN Perubahan 2011. "Jika inflasi November dan Desember trennya sama dengan tahun lalu, bukan tidak mungkin hingga akhir tahun di bawah 4,42 persen," kata Djamal, Deputi bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS di kantornya, Selasa (1/11).

Tahun lalu, inflasi November mencapai 0,6 persen dan Desember 0,92 persen. Djamal mengatakan, deflasi lebih banyak disumbang oleh anjloknya harga emas, yang berimbas pada turunnya harga perhiasan. "Emas perhiasan menyumbang deflasi 0,11 persen," katanya.

Komoditas lain yang menyumbang deflasi adalah ikan segar 0,07 persen, telur ayam 0,04 persen, tarif angkutan udara 0,04 persen, dan daging ayam ras 0,03 persen.

JAKARTA - Memasuki pengujung tahun ini, inflasi makin terkendali. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Oktober lalu terjadi deflasi sebesar 0,12

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News