JPNN.com

Emosi Teknis

Oleh Dahlan Iskan

Rabu, 16 September 2020 – 11:55 WIB
Emosi Teknis - JPNN.com
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Pun kali ini. Florida-lah yang akan jadi penentu hasil pemilihan presiden Amerika Serikat. Yang tinggal 4 minggu lagi.

Hasil jajak pendapat kemarin masih menyebutkan Joe Biden unggul sekitar 9 persen. Calon incumbent Donald Trump kian tercecer.

Namun itu kalau dihitung berdasar jumlah suara. Bukan jumlah daerah pemilihan.

Baca Juga:

Masih ada kemungkinan Trump memang kalah di hasil perhitungan suara, tetapi berhasil memenangi lebih banyak dapil. Persis seperti Hillary Clinton 4 tahun lalu –menang dengan selisih suara 6 juta tetapi gagal jadi presiden.

Mike Bloomberg tidak mau itu terjadi lagi. Mantan wali kota New York itu menambah donasi lagi untuk mendukung Biden. Rp 1,5 triliun lagi. Khusus untuk operasi pemenangan Biden di Florida saja.

Di negara bagian Florida ini posisi perolehan suara masih 50:50. Penduduk Florida didominasi keturunan Spanyol. Yang mayoritasnya terkait dengan Kuba. Kalau bukan pelarian dari Kuba, mereka punya leluhur di Kuba.

Baca Juga:

Banyak di antara mereka yang berhasil lolos dengan cara berenang ke tengah laut. Lalu naik sampan menuju Florida. Hanya perlu waktu setengah malam untuk bersampan ke daratan Amerika.

Dahulu mereka lari ke Amerika karena tidak kuat hidup dalam kemiskinan yang tiada ujung di Kuba. Juga tidak kuat atas tekanan politik dari penguasa komunis Kuba.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara