Empat Investor Sepatu Asing Masuk Jatim

Empat Investor Sepatu Asing Masuk Jatim
Empat Investor Sepatu Asing Masuk Jatim
SURABAYA  -- Industri sepatu dan alas kaki di Jatim mendapat tambahan unit yang di produksi. Tahun ini, empat investor asing dengan dana sekitar USD 20 juta akan memproduksi masing-masing 1 juta unit pasar sepatu untuk pasar ekpsor.

"Empat investor itu sudah ada yang produksi, tapi ada juga yang sedang set up pabrik. Satu dari Korea, tiga dari Taiwan," kata Ketua Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Jatim Sutan RP.Siregar kemarin (28/6).

Masuknya dana asing tersebut dikarenakan Jatim memiliki berbagai keunggulan yang mendukung industri sepatu. Mulai dari mudahnya sumber bahan baku hingga tenaga kerja yang terampil. "Adanya pasar bebas Asean Tiongkok juga membantu masuknya investor asing."

Namun sayangnya, rencana pemerintah menaikan tarif dasar listrik (TDL) pada 1 Juli 2010 mendatang menimbulkan problema baru. Pasalnya, saat ini semua pabrik sepatu di Jatim masih mengandalkan listrik sebagai sumber energi utama mereka. Dan biaya pemakaian listrik sekitar 5-10 persen dari total biaya produksi pabrik sepatu. "Jika TDL naik, maka akan penyesuaian biaya produksi. Yang seharusnya diikuti dengan kenaikan harga produk. Namun dengan membanjirinya produk serupa dri Tiongkok dan India, maka kami tidak bisa melakukan hal itu (menaikan harga)," keluh Sutan.

SURABAYA  -- Industri sepatu dan alas kaki di Jatim mendapat tambahan unit yang di produksi. Tahun ini, empat investor asing dengan dana sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News