Empat Menko Fokus Menangani Dampak Bencana Lombok

Empat Menko Fokus Menangani Dampak Bencana Lombok
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. Foto: Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menegaskan upaya percepatan pemulihan NTB pasca-gempa menjadi fokus utama pemerintah.

Menurut Menko PMK, pasca-dikeluarkannya Inpres Nomor 5 tentang Rehabilitasi dan Rekonstruksi PascaGempa Bumi di Lombok, empat Menko akan melakukan tahapan-tahapan tindak lanjut pemulihan bencana di Nusa Tenggara Barat sesuai bidangnya.

“Sejak tanggal 25 Agustus yang lalu, kita sudah masuk dalam tahap pemulihan. Jadi kita rencanakan 1 bulan kedepan akan ada tahapan persiapan, pelatihan, bahkan penyiapan logistik bahan bangunan untuk bisa melakukan pembangunan rumah penduduk,” ujar Menko PMK saat ditanya jurnalis pasca-mengikuti Rapat Rekonstruksi dan Rehabilitasi Provinsi NTB Pasca Gempa di Kantor Wapres, Senin (27/8).

Upaya rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon) akan berjalan secara bertahap sampai bulan Maret. Pembangunan fasilitas umum, fasilitas kesehatan, sekolah, rumah ibadah, kantor pemerintah dan lain sebagainya akan mulai dibangun awal bulan depan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengapresiasi komitmen pemerintah pusat untuk mempercepat pemulihan NTB. Salah satunya melalui pemberian bantuan pada rumah yang rusak berat (Rp 50 juta) yang rencananya dilakukan secara bertahap.(adv/jpnn)


Menko Bidang PMK Puan Maharani menegaskan upaya percepatan pemulihan NTB pasca-gempa menjadi fokus utama pemerintah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News