Empat Rekomendasi Fraksi PKS untuk Susi Pudjiastuti

Empat Rekomendasi Fraksi PKS untuk Susi Pudjiastuti
Nelayan dan alat tangkap cantrang. Foto: AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR memberikan empat rekomendasi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menyelamatkan nelayan dan laut Indonesia.

Pertama, pemerintah harus lebih cermat dalam mengeluarkan kebijakan yang berdampak luas bagi masyarakat khususnya terkait persoalan pelarangan alat tangkap cantrang sehingga tidak merugikan nelayan dan keluarganya.

Persoalan alat tangkap cantrang ini sudah terjadi lebih dari tahun tahun, namun belum ada skema kebijakan pemerintah yang dapat menjadi win-win solution.

“Fraksi PKS menegaskan sikapnya tetap bersama rakyat, membela dan melindungi nelayan Indonesia,” kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini saat diskusi publik Selamatkan Nelayan, Lindungi Laut Indonesia, Kamis (1/2) di gedung DPR, Jakarta.

Kedua, pemerintah harus memperbaiki kinerjanya dalam pengelolaan anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mulai dari perencanaan, penganggaran hingga implementasinya.

Pemerintah mesti fokus untuk mencapai target rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) dan peningkatan kesejahteraan nelayan.

Ketiga, pemerintah harus mendahulukan kepentingan produsen sebagai pihak yang akan dirugikan dalam kebijakan impor garam.

Keempat, pemerintah harus meningkatkan investasi sektor kelautan dan perikanan, pengurangan kemiskinan nelayan dan masyarakat pesisir.

Fraksi PKS menilai, selama tiga tahun belakangan selalu muncul kebijakan yang menimbulkan keresahan di masyarakat, antara lain soal cantrang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News