Empat TPS di Bontang Berstatus Rawan

Empat TPS di Bontang Berstatus Rawan
Empat TPS di Bontang Berstatus Rawan

jpnn.com - BONTANG - Kepolisian Resor Bontang  mengerahkan seluruh kekuatannya untuk mengamankan pencoblosan, Rabu (8/4).Sebanyak 297 personel dikerahkan.

Kabag Ops Polres Bontang, Kompol Eko Suroso mengatakan, 297 personel itu terdiri dari 54 personel di Bontang Utara, 53 di Bontang Selatan, dan 21 di Bontang Barat. Selain itu juga personel di dua wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) yang masuk wilayah hukum Polres Bontang, yakni 35 personel di Marangkayu dan 48 di Muara Badak.

“Ada 29 perwira pengendali yang diturunkan. Kemudian ada pula satu peleton pasukan Dalmas (Pengendali Masyarakat) inti dengan kekuatan 38 personel yang disiagakan di Mapolres Bontang," sebut Eko kepada BONTANG POST (grup JPNN), Selasa (8/4).

Selain polisi, instansi lain juga ikut serta dalam pengamanan. Mereka adalah 1.006 Linmas (termasuk Bontang dan Kukar), TNI, Satpol PP, serta kekuatan personel lainnya,” katanya.

Di TPS, pola pengamanannya bervariasi, tergantung dari tingkat kerawanannya. Dia menyebut ada empat pola pengamanan yang diterapkan selama masa pencoblosan. Yakni pola 1-3-6, pola 1-2-4, pola 1-1-2, dan pola 2-1-2.

“Contohnya 1-3-6. Artinya, satu polisi menjaga tiga TPS dibantu enam Linmas. Contoh lain, pola 1-2-4 yang artinya satu polisi menjaga dua TPS dibantu empat Linmas, begitu juga seterusnya. Penempatan personel polisi disesuaikan dengan tingkat kerawanan. Berbeda dengan Linmas yang setiap dua personelnya wajib menjaga satu TPS,” katanya.

Selain pengamanan di lapangan, kata dia, nantinya ada personel yang bertugas melakukan patroli secara mobile untuk mengamankan pencoblosan. Seluruh satuan fungsi dikerahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Dalmas inti bisa langsung dikerahkan untuk mengamankan situasi. Itu belum termasuk dua peleton pasukan TNI yang on call. Perkiraan kami, pencoblosan akan berjalan lancar,” katanya.

BONTANG - Kepolisian Resor Bontang  mengerahkan seluruh kekuatannya untuk mengamankan pencoblosan, Rabu (8/4).Sebanyak 297 personel dikerahkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News