Enam Kali Menarik Tangan Menpar Arief Yahya

Enam Kali Menarik Tangan Menpar Arief Yahya
Menteri Pariwisata RI Arief Yahya (nomor 3 dari kanan) bersama Chairman China National Tourism Administratrion (CNTA) Li Jinzao (nomor 3 dari kiri) saat berpose bersama di depan paviliun Wonderful Indonesia pada ajang China International Travel Market (CITM) 2016 di Shanghai, Tiongkok. Foto: Kemenpar

jpnn.com - SHANGHAI - Ada pemandangan mengharukan di China International Travel Market (CITM) 2016 yang digelar di Shanghai New International Expo Centre, Tiongkok, 11-13 November 2016. Chairman China National Tourism Administratrion (CNTA) Li Jinzao enam kali menarik tangan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya untuk berfoto bersama saat keliling booth dari hall E-1 sampai E-5.

Seperti biasanya, Arief Yahya memang tidak ingin terlalu menonjol di seremoni pembuka itu. Baginya, berkesempatan hadir bersama 16 industri tanah air di pameran pariwisata terbesar Tiongkok saja sudah bersyukur.

Jadwalnya teramat ketat dan berimpitan dengan World Travel Market (WTM) London, bursa pameran industri pariwisata terbesar kedua di dunia, yang dilangsungkan di ExCel Convention London, 7-9 November 2016.  Usai opening ceremony di Main Stage Hal E-1, Li Jinzao mengajak tamu VVIP berkeliling booth.

Pengamanan di expo itu sangat ketat. Puluhan polisi berseragam membuat barikade di red carpet yang akan dilalui Menpar-nya China itu, dan diikuti ratusan tamu undangan. Suasana hall itu penuh sesak. Semua orang mengeluarkan kamera dan smartphone-nya untuk mengabadikan momentum istimewa itu. Menpar Arief Yahya yang didampingi Konjen RI di Shanghai Siti Mauludiah mengikuti jalan dari belakang.

Di beberapa booth, Li Jinzao berhenti sejenak untuk memberi kesempatan puluhan kameramen TV dan fotografer media untuk mengabadikan dan membuat dokumentasi. Dia didampingi Wakil Walikota Shanghai, Menteri Pariwisata Kambodia, dan Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Mrs Konkarn Wattanavrangkul. Di booth Provinsi Yunnan, CTS, CITS, China Tourism News, Hongkong, Thailand, Li Jinzao menarik tangan Arief Yahya untuk berpose bersama di depan media. 

Terlihat sekali, suasana akrab dan saling hormat antar-kedua petinggi pariwisata dari dua negara tersebut. Setiba di paviliun Wonderful Indonesia di E-5, giliran Menpar Arief Yahya mempersilakan para menteri pariwisata itu berfoto dengan background lapal Laksamana Cheng-ho Indonesia.

Cahaya blitz berhamburan menerangi wajah para menteri pariwisata yang hadir di Opening Ceremony CITM 2016 itu. Sorenya, pukul 16.30 WIB, Li Jinzao sebagai menteri pariwisata Tiongkok berdialog khusus dengan Menpar Arief Yahya di Grand Central Hotel, Jiujiang Road, Shanghai.

Suasana dialog berlangsung sangat akrab, penuh kekeluargaan dan saling memuji. Li Jinzao bahkan menyebut Arief Yahya sebagai sahabat lama dalam membangun kemitraan pariwisata.

SHANGHAI - Ada pemandangan mengharukan di China International Travel Market (CITM) 2016 yang digelar di Shanghai New International Expo Centre, Tiongkok,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News