Enam Pesawat Rusia Mendekat, Korsel Kirim Jet Tempur, Tegang

Enam Pesawat Rusia Mendekat, Korsel Kirim Jet Tempur, Tegang
Jet tempur Korea Selatan (Korsel). Foto: Korea Times

jpnn.com, SEOUL - Di saat jutaan warga Korea Selatan dengan tenang menjalani rutinitas harian mereka, militer Negeri Ginseng itu justru dibuat panik oleh aksi sekelompok pesawat Rusia, Selasa (22/10). Bagaimana tidak, sejak pukul 9:23 waktu setempat, enam pesawat militer Rusia terdeteksi bergerak mendekati wilayah udara Korsel.

"Militer kami segera mengirim jet tempur untuk memonitor pesawat-pesawat tersebut dan menyampaikan peringatan." Demikian bunyi keterangan pers Kantor Staff Gabungan Angkatan Bersenjata Korsel (JCS), seperti dilansir Reuters.

Menurut JCS, tahun ini Rusia sudah 20 kali menerobos Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ). Pada Juli lalu, pesawat tempur Korsel terpaksa mengeluarkan ratusan tembakan peringatan gara-gara bomber Rusia seenaknya masuk wilayah udara tanpa izin.

Untungnya, dalam insiden kali ini tidak ada peluru yang ditembakkan. Pasalnya, pesawat Rusia tidak sampai masuk wilayah udara Korsel.

Laut yang membentang di antara Jepang, Rusia dan Semenanjung Korea telah lama jadi sumber sengketa internasional antara negara-negara tersebut. Terutama terkait wilayah udara di atas wilayah perairan tersebut. (reuters/dil/jpnn)

Di saat jutaan warga Korea Selatan dengan tenang menjalani rutinitas harian mereka, militer Negeri Ginseng itu justru dibuat panik oleh aksi sekelompok pesawat Rusia, Selasa (22/10)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News