Enam PPLN Sudah Gelar Pemungutan Suara

Enam PPLN Sudah Gelar Pemungutan Suara
Enam PPLN Sudah Gelar Pemungutan Suara

jpnn.com - JAKARTA - Enam panitia pemungutan luar negeri (PPLN) rampung melaksanakan pemilu untuk memilih anggota DPR RI, Minggu (30/3). Masing-masing PPLN Beijing, PPLN Shanghai, PPLN Hongkong (Cina), PPLN Kopenhagen (Denmark), PPLN Santiago Chile, dan PPLN Brazil.

Menurut Ketua KPU,  Husni Kamil manik,  dalam pelaksanaan pemilu tersebut, sebagian pemilih menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN).  Sementara sebagian warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri lainnya, menggunakan hak pilih lewat pos.

“Waktu pemberian suara di luar negeri lebih panjang dibanding di dalam negeri. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan, tidak semua warga negara Indonesia di luar negeri bertempat tinggal di dekat TPSLN yang telah disiapkan,” ujarnya di Jakarta, Senin (31/3).

Pemungutan suara di PPLN KJRI Shanghai dilaksanakan pukul 09.00 pagi waktu setempat dan berakhir pada pukul 18.00 di kantor KJRI Shanghai. Pemilih di PPLN Shanghai tercatat sebanyak 1.859 orang.

Dalam perencanaan awal, sebanyak 1.103 pemilih akan menggunakan hak pilihnya di TPSLN dan 756 pemilih memilih lewat pos.

Secara terpisah, Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, saat pelaksanaan pemungutan suara di PPLN Shanghai, pemilih yang hadir di TPSLN sebanyak 238 orang. Sementara untuk pemungutan suara lewat pos, PPLN telah mengirimkan surat suara ke alamat setiap pemilih pada Senin (31/3).

Hasil pemungutan suara di TPSLN telah dimasukkan kembali ke dalam kotak suara dan menyimpannya di kantor PPLN dengan pengawasan CCTV 24 jam. Kotak suara akan dibuka dan suara suara akan dihitung bersamaan dengan pelaksanaan pemungutan suara di dalam negeri pada tanggal 9 April 2014.

"Jadi kita belum bisa hitung partisipasi pemilih secara keseluruhan di PPLN Shanghai. Kita masih harus menunggu respons terhadap surat suara yang telah dikirim lewat pos," ujarnya.(gir/pnn)


JAKARTA - Enam panitia pemungutan luar negeri (PPLN) rampung melaksanakan pemilu untuk memilih anggota DPR RI, Minggu (30/3). Masing-masing PPLN


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News