Enam Rumah Sakit di Surabaya Diperintahkan Bersiaga

Enam Rumah Sakit di Surabaya Diperintahkan Bersiaga
Ruang isolasi untuk penanganan pasien yang terjangkit virus corona (Ilustrasi) Foto: ANTARA/Feri Purnama

jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kesehatan Jawa Timur (Dinkes Jatim) telah mengirimkan surat kepada manajemen enam rumah sakit di Surabaya untuk melakukan persiapan menerima rujukan pasien Covid-19 dari Bangkalan, Madura.

Perintah itu turun setelah adanya lonjakan kasus hingga menyebabkan pelayanan IGD di RSUD Bangkalan ditutup untuk sementara waktu.

Kadinkes Jatim Herlin Ferliana menyebut enam rumah sakit itu dipilih dengan alasan jaraknya paling dekat untuk diakses dari Madura.

Sebagaimana tertera dalam surat bernomor 005/8737/102.4/2021, keenam rumah sakit itu, yakni RSUD dr. Soetomo, RS Universitas Airlangga, RS Haji Surabaya, RS PHC, RS Adi Husada dan RS Al Irsyad.

"Rumah sakit yang dipilih pokoknya yang jangkauannya mendekati Bangkalan," ujar dia, Minggu (6/6).

Selain jarak, alasan lain memilih enam rumah sakit itu adalah pertimbangan ketersediaan tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) yang masih sangat memadai.

"Surabaya (BOR-nya,red) relatif bagus sebetulnya, tetapi kami harus menyiapkan menerima (pasien, red) Bangkalan ini," ucap Herlin.

Untuk mengatasi lonjakan kasus yang ada di tiga kabupaten di Madura, Dinkes Jatim dan Bangkalan akan melakukan screening. Pasien yang bergejala dan tidak akan dipisahkan.

Dinkes Jatim perintahkan nnam rumah sakit di Surabaya bersiap-siap menerima pasien Covid-19 dari Bangkalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News