Engelina Khawatir Kepulauan Aru jadi Korban Pertarungan Pengaruh di Pasifik Selatan

Engelina Khawatir Kepulauan Aru jadi Korban Pertarungan Pengaruh di Pasifik Selatan
Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina. Foto: dok.Pribadi for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina menilai, konflik pertanahan di Kepulauan Aru, Maluku tidak lepas dari pertarungan pengaruh di Pasifik Selatan yang melibatkan Amerika dan China.

Menurutnya, berbagai pihak berusaha mencari posisi strategis dan Kepualaun Aru sebagai pulau terluar menjadi target penguasaan untuk memudahkan pergerakan armada laut.

Engelina Pattiasina mengatakan hal tersebut dalam diskusi “Penguatan dan Percepatan Pelaksanaan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat di Kepulauan Aru untuk Penyelesaian Konflik Agraria melalui Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 2 Tahun 2022” yang digelar Papua Study Center di Ruang Berkarya Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/7).

Selain Engelina, beberapa narasumber dalam diskusi tersebut, antara lain\ Prof. Dr. Ir. Endriatmo Soetarto, MA (Guru Besar Kajian Politik Agraria, IPB University); Mercy Chriesty Barends, ST (DPR RI, Dapil Maluku), Mufti Fathul Barri (Direktur Eksekutif Forest Watch Indonesia); Saurlin Siagian (Komisioner KOMNAS HAM), dan Erasmus Cahyadi (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/AMAN).

Lebih lanjut Engelina mengatakan, pergeseran geopolitik ke kawasan Pasifik menjadikan kawasan ini menjadi ajang rebutan pengaruh antara Amerika dan China.

China memperkuat pengaruh melalui permodalan. Amerika merespon dengan menggandeng Australia dan United Kingdom (Britania Raya) untuk membangun aliansi baru AUKUS yang merupakan singkatan dari Australia, United Kingdom dan United States pada 2021.

Belum lama ini atau pada Maret 2023, sambung Engelina, Amerika sudah berkomitmen untuk mengembangkan kapal selam berkekuatan nuklir di Australia sebanyak delapan armada.

Keberadaan kapal selam dengan kecepatan tinggi ini, kata Engelina, hampir mustahil untuk tidak menjadikan perairan kawasan timur sebagai jalur perlintasan.

Direktur Archipelago Solidarity Foundation Engelina Pattiasina menilai, konflik pertanahan di Kepulauan Aru tidak lepas dari pertarungan pengaruh di Pasifik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News