Erdogan Ubah Nama Negara Turki, Ternyata Alasannya Cukup Kocak

Erdogan Ubah Nama Negara Turki, Ternyata Alasannya Cukup Kocak
Penggantian nama Turkey menjadi Turkiye agar negara tersebut tidak diasosiasikan dengan ayam kalkun dalam bahasa Inggris. (AP: Burhan Ozbilici)

Menteri Luar  Negeri Turki sudah mengirimkan surat kepada PBB meminta agar nama negara tersebut diganti menjadi Turkiye karena nama yang sekarang seringkali disamakan dengan turkey alias ayam kalkun.

Menurut jaringan televisi pemerintah, Menlu Turki Mevlut Cavusoglu sudah mengirimkan surat resmi kepada PBB.

Dalam bahasa Inggris, nama resmi negara ini adalah Turkey, nama serupa untuk ayam kalkun dan juga kadang untuk istilah konyol dan negatif berkenaan dengan kata tersebut dalam bahasa Inggris.

Penggantian nama dilihat sebagai upaya untuk  mengubah citra negara tersebut dan tidak lagi dikaitkan dengan ayam kalkun yang paling terkenal di Amerika Serikat menjadi menu tradisional Thanksgiving Day di akhir November.

Kantor berita Turki mengatakan bahwa Stephane Dujarric, juru bicara Sekjen PBB Antonio Guterres, mengukuhkan pihaknya sudah menerima surat permohonan tersebut hari Rabu waktu New York.

Kantor berita tersebut mengutip Dujarric bahwa perubahan nama menjadi efektif di saat surat diterima oleh PBB.

Pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan juga sudah mendesak agar secara internasional negara itu berubah nama Turkey menjadi Turkiye, seperti ejaan dalam bahasa Turki.

Negara tersebut sebenarnya menyebut dirinya sendiri Turkiye di tahun 1923 setelah menyatakan kemerdekaan. 

Ternyata ada pertimbangan yang cukup lucu di balik tindakan Presiden Erdogan mengubah nama negara Turki menjadi Turkiye. Begini ceritanya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News