Erick Thohir Dorong Reog Ponorogo Diakui UNESCO, Pemerhati Wisata: Itu Langkah Jitu

Erick Thohir Dorong Reog Ponorogo Diakui UNESCO, Pemerhati Wisata: Itu Langkah Jitu
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ilustrasi. Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati pariwisata nasional Taufan Rahmadi mengapresiasi langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang menyatakan siap mengangkat kesenian Reog Ponorogo agar diakui dunia melalui UNESCO.

Menurut Taufan, langkah Erick Thohir merupakan satu langkah yang jitu

"Upaya Bang Erick Thohir mendorong Reog Ponorogo ke UNESCO adalah sebuah langkah jitu untuk bisa menjaga kelestarian atraksi budaya nusantara ini agar autentikasinya, originalitasnya, copyright-nya, history-nya benar-benar secara utuh dan dilindungi dan diakui oleh dunia," kata Taufan pada Jumat (11/2/2022).

Menurut pria yang pernah menjadi Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar RI ini, Lembaga Budaya UNESCO merupakan lembaga yang berada di bawah PBB.

Oleh karena itu, apabila langkah Erick Thohir ini bisa terwujud, maka ini merupakan bentuk eksistensi, pengakuan  dari dunia internasional terhadap Reog Ponorogo.

“Jika langkah Bang Erick Thohir ini terwujud, ini menjadi pengakuan internasional terkait salah satu atraksi budaya yang terkenal di Indonesia," ujar Taufan.

Penulis buku 'Protokol Destinasi' ini menyebut, apa yang dilakukan Erick Thohir ini tidak cukup hanya diapresiasi, tapi juga didukung.

"Bukan hanya diapresiasi, tetapi juga didukung. Inilah memang seharusnya yang dilakukan. Jadi, cepat dan sigap," ungkapnya.

Pemerhati pariwisata nasional Taufan Rahmadi mengapresiasi langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang menyatakan siap mengangkat kesenian Reog Ponorogo agar diakui dunia melalui UNESCO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News