Erick Thohir jadi Cawapres Favorit karena Mampu Raup Suara NU

Erick Thohir jadi Cawapres Favorit karena Mampu Raup Suara NU
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir kini digadang-gadang menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) favorit dan sangat diperhitungkan pada gelaran Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut dikarenakan anggota Kehormatan Banser itu mampu meraup suara dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan Erick Thohir sangat populer di kalangan warga NU atau nahdiyin karena dekat dan aktif dalam berbagai kegiatan.

“Anggapan NU memilih Erick Thohir ini momentum, artinya pergeseran suara NU juga dinamis, mungkin untuk saat ini Erick Thohir bisa mengambil ceruk NU,” kata Dedi dalam keterangan persnya, Kamis (21/9).

Dampak dari kedekatan dengan NU turut membuat elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres tinggi. Pada temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bulan Agustus memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir berada di angka 15,9 persen.

Hasil serupa juga ditunjukkan Polling Institute periode Agustus yang menempatkan nama Erick Thohir di posisi pertama dengan torehan hasil 15,1 persen pada simulasi 19 nama.

Nama menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini tetap berada di posisi pertama dalam simulasi lima nama Polling Institute dengan 24,5 persen

Oleh karena itu, Dedi mengatakan saat ini kans Erick Thohir cukup besar untuk maju menjadi cawapres terutama untuk mendampingi Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto.

Sosok Erick Thohir disebut sebagai bakal cawapres favorit karena mampu meraup suara NU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News